Page rank

Hallo sahabat CMB. kalian tahu tentang Page rank ? kali ini kita akan bahas topik yang satu ini. Ada banyak hal yang bisa dibahas dari page rank, terutama adalah perhitunngan algoritmanya. Dan kali ini pembahasannya meliputi tentang pengertian, cara kerja, konsep, dan algoritma page rank.

Page rank sendiri menurut Admin memiliki pengertian suatu penentu yang dijadikan patokan untuk menentukan lebih pentingnya situs web di banding situs lainnya dengan menggunakan perhitungan algoritma tertentu yang dipatenkan. Lalu bagaimana pendapat Anda tentang pengrtian page rank ? komen saja, bila perlu hajar Admin habis habisan. Ampunn :)

Lanjut ke cara kerja page rank, gampangannya bila situs memiliki page rank yang besar tentunya akan ditempatkan di atas situs yang lebih kecil page ranknya. Contoh blog Anda memiliki page rank 9 ( amin ) dan blog Saya memiliki page rank 8. Maka blog Anda akan lebih di sukai oleh mesin pencari. Tentunya di dalam pencarian blog Anda akan di tempatkan paling atas di atas blog saya untuk artikel yang bertopik sama. Tambahan lagi, situs akan lebih populer jika situs lain mengarahkan link ke situs kita, yang biasa disebut backlink, terutama backlink edu dan gov. Namun tentu ada aturannya, yaitu artikel Anda harus terkesan lebih penting.

Masuk ke konsep page rank. Mesin pencari memiliki banyak konsep untuk menentukan page rank blog Anda. Misalnya Meta Tag, Meta description, inbound link, outbond link dan banyak lagi. Menurut Admin yang paling penting adalah soal konsep link. Situs yang memiliki banyak inbound link dan memiliki sedikit outbond link akan meningkatkan page rank situs tersebut. Apalagi bila inbound link yang di miliki berasal dari situs yang memiliki page rank yang lebih tinggi.

Kini mungkin ini yang di tunggu tunggu, kita bahas algoritma dari page rank. Anda pahami hal hal berikut :
PR (a) adalah page rank halaman A
PR (b) adalah page rank halaman B yang mengacu ke halaman A
PR (c) adalah page rank halaman lain yang mengacu ke A
OL (b) adalah jumlah outbond link pada halaman B
OL (c) adalah jumlah outbond link pada halaman lain
X adalah damping factor yang bisa diberi ( biasanya antara 0 dan 1 )
Y adalah jumlah keseluruhan halaman web yang terindex Google


Kini kita masuk rumusnya :

Algoritma awal :
PR (a) = [ 1 - X ] + X  [  { PR (b) / OL (b) } + . . . + { PR (c) / OL (c) }  ]

Algoritma lain :
PR (a) = [ 1 - X ] / Y + X  [  { PR (b) / OL (b) } + . . . + { PR (c) / OL (c) }  ]

Pengertian umumnya page rank ditentukan untuk setiap halaman bukan keseluruhan situs web. Sekian pengetahuan dari Admin bila ada salah kasih tahu Admin.



Baca juga yang satu ini :






0 Response to "Page rank "

Post a Comment